Standar Usaha Hotel Jamin Kualitas Pelayanan

Standar Usaha Hotel| LSU Perhotelan | LSU Pariwisata – Usaha perhotelan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berkembang sangat pesat. Sudah selayaknya DIY segera memiliki lembaga sertifikasi usaha perhotelan sebagai bagian dari usaha sektor pariwisata. Hal demikian diungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas pariwisata DIY, DR Ir Didik Purwadi MEc saat pembukaan Sosialisasi Tata Cara Standarisasi Hotel Tahun 2014 di Hotel Arjuna, Yogyakarta, Senin (21/4/2014).“Sektor pariwasata termasuk yang ikut pertarungan di era pasar bebas. Pariwisata di Indonesia, lebih khusus di DIY harus siap menghadapi dan semoga bisa menjadi pemenang,” jelasnya.

Adapun pembicara pada sosialisasi ini terdiri dari Jufri SH (Kasi Standarisasi Produk Dinas Pariwisata DIY), Ruby M Aries (Operation Direction The Cangkringan Jogja Villa), Fajar S MM (Asisten Eksekutif Manager Hotel Garuda) dan sebagai moderator Drs Nurhidayat. Dalam kesempatan ini Jufri menjelaskan, standar usaha hotel antara lain bertujuan menjamin kualitas produk, pelayanan dan pengelolaan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu.

“Selain itu memberikan perlindungan kepada tamu, pengusaha hotel, tenaga kerja dan masyarakat, baik untuk keselamatan, kesehatan, kenyamanan, keamanan dan pelestarian lingkungan hidup,” jelasnya.

Sejumlah undangan tampak hadir seperti Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, KRHT Drs H Istidjab M Danunagoro MM. Ditemui usai acara, Istidjab mengungkapkan, PHRI pernah membuat standarisasi usaha perhotelan. Namun, sekarang ini sertifikasi akan dikeluarkan lembaga sertifikasi usaha pariwisata dan diharapkan semua hotel berbintang dan non-berbintang di DIY bisa mendapatkannya. (Yan)

Leave a Reply