31 Hotel Dibuka di Makassar Tahun Ini

Sertifikasi Usaha Hotel| LSU Pariwisata -Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyatakan 31 hotel akan dibuka di Makassar, Sulawesi Selatan, sepanjang 2014. Dengan pembukaan hotel-hotel tersebut, jumlah kamar bertambah sebanyak 5.125. Artinya, jumlah kamar pada tahun ini meningkat 64,8 persen dibanding tahun sebelumnya, yakni 7.911 kamar. “Kami sangat bersyukur pertumbuhan hotel di Makassar sangat dinamis,” kata Ketua Badan Pimpinan Daerah (BPD) Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Sulawesi Selatan, Sabtu, 22 Maret 2014.

Sejak awal tahun hingga akhir bulan ini, sudah tiga hotel yang diresmikan, yakni Tune Hotel, Max Hotel, dan Ocean View. “Pertumbuhan hotel di Makassar sangat pesat. Tiga bulan ini saja ada berapa peresmian hotel, seperti Tune Hotel, Max Hotel, dan Ocean View,” tuturnya.

Adapun tingkat hunian hotel di Makassar pada 2013 rata-rata 69,74 persen. Ini lebih rendah dibanding tingkat hunian pada 2012 yang rata-rata 72,59 persen.

Turunnya tingkat hunian tersebut disebabkan oleh pertumbuhan hotel yang semakin pesat di Makassar. Karena itu, PHRI Sulawesi Selatan pada akhir Januari lalu mendesak pemerintah kota mengeluarkan moratorium untuk menekan pertumbuhan hotel di Makassar.

“Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai pertumbuhan hotel ini tidak diimbangi dengan suplainya hingga pada akhirnya nanti akan ada perang tarif hotel,” tutur Anggiat.

Namun ketatnya persaingan hotel di Makassar tak membuat Red Planet Hotels Indonesia gentar membuka cabangnya di Makassar dengan produk Tune Hotels. Country Head Red Planet Hotels Indonesia, Angkoso B. Soekadari, percaya pertumbuhan ekonomi Sulawewsi Selatan merupakan pertanda bahwa bisnis perhotelan sangat potensial di Makassar.

“Makassar saat ini sangat diperhitungkan secara nasional sebagai kota destinasi terbesar di Indonesia timur. Jumlah wisatawan yang masuk melalui pelabuhan dan bandara di Kota Makassar tidak bisa dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia Timur,” ujarnya dalam peresmian Tune Hotels, Selasa, 18 Maret 2014.

Angkoso yakin hotelnya akan mampu bersaing dengan hotel-hotel sekelasnya di Makassar. Hotel yang berada dalam satu grup dengan perusahaan maskapai AirAsia ini menawarkan harga yang murah dengan kualitas internasional. Sebanyak 144 kamar dilengkapi tempat tidur berkualitas tinggi, pancuran air yang deras, lingkungan yang bersih dan aman, serta akses Internet berkecepatan tinggi. Apalagi, letak Tune Hotels dekat dengan pusat perbelanjaan, jalan-jalan, dan tujuan bisnis utama.

“Makassar adalah tujuan yang indah dan kami memiliki harapan yang sangat tinggi untuk kota dan hotel kami,” kata Chief Executive Officer Red Planet Hotels, Tim Hansing.

Pertumbuhan hotel di Makassar disambut baik oleh Gubernur Sulawesi Selatan. Pesatnya pertumbuhan hotel di Makassar, kata dia, justru menjadi bukti bahwa ekonomi Sulawesi Selatan tumbuh dengan pesat. “Pertumbuhan ekonomi ditandai dengan pertumbuhan hotel suatu daerah,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *