Bangun 47 Hotel, Telkom-PT Pos-Kimia Farma Berbisnis Properti

Sertifikasi Usaha Hotel | LSU Pariwisata -Sejumlah BUMN ramai-ramai masuk bisnis properti. Setidaknya total ada 47 hotel bintang yang rencananya dibangun PT Telkom, PT Pos Indonesia, hingga PT Kimia Farma. PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dalam lima tahun ke depan akan membangun 19 hotbangun hotelel melalui anak usahanya, PT Graha Sarana Duta (Telkom Property). Selain membangun 19 hotel, perseroan juga merencakanan beberapa proyek properti komersial ritel dan dua properti multifungsi.

Semua proyek properti itu akan berdiri di lahan Telkom yang selama ini tidak produktif. Luas lahan tidur tersebut berada  di 2.600 lokasi di seluruh Indonesia. PT Pos juga tidak mau ketinggalan. Mereka juga memanfaatkan lahan tak produktif untuk berbisnis properti. BUMN ini berencana membangun 18 hotel dalam lima tahun ke depan. Untuk urusan ini, PT Pos sudah mendirikan anak usaha yang diberi nama PT Pos Indonesia Properti. Sudah dua hotel yang akan digarap tahun ini, lokasinya ada di Bandung.

Sementara itu, BUMN Farmasi, PT Kimia Farma Tbk., akan menyulap 10 lahan tidur menjadi hotel bintang 3 atau bintang 4. Dalam waktu dekat, tiga hotel di tiga lokasi aset “nganggur” mereka akan segera dibangun. Tiga lokasi tersebut yakni di Senen (Jakpus), Matraman (Jaktim) dan Dago (Bandung).

“Untuk tiga lokasi itu kami sudah mendapatkan pemenang tendernya setelah melalui proses pitching dari awal tahun ini,” kata Rusdi Rosman, Dirut PT Kimia Farma, seperti dikutip dari Kontan, Sabtu (19/7/14).

Selain tiga BUMN di atas, sebenarnya sederet perusahaan pelat merah sudah lebih dulu memiliki rencana membangun hotel dengan memanfaatkan aset yang tidak produktif. Beberapa BUMN tersebut yakni PT Angkasa Pura (AP) I, PT Pegadaian, PT Pos Indonesia, PT Garuda Indonesia Tbk., PT Pelni hingga PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Bahkan PT KAI yang memang sangat banyak lahan tidurnya punya rencana mengembangkan pusat perbelanjaan alias mal di Purwokerto dan Surabaya. (anila/ bim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *