Artikel Sertfikasi Usaha Hotel Artikel Usaha Pariwisata

BI Optimis Pelaku Usaha Makin Ekspansif

Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSU)| Sertifikasi Usaha Hotel -Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hasil survei Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY mengindikasikan bahwa kegiatan usaha di Yogyakarta pada triwulan II-2014 mengalami ekspansi yang signifikan. Padahal pola pertumbuhan kegiatan usaha di Yogyakarta biasanya pada triwulan II terjadi kontraksi atau perlambatan kegiatan usaha. Menurut Arief Budi Santoso, Kepala Kantor Perwakilan BI DIY, dalam kurun 5 tahun terakhir, ekspansi kegiatan usaha yang signifikan baru akan terjadi di triwulan III karena adanya bulan puasa dan Lebaran pada periode tersebut. Ini berarti pada tahun 2014 terjadi pergeseran pola pertumbuhan kegiatan usaha.hotel image

“Kondisi ini tercermin dari angka Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 24,44 persen yang jauh meningkat dibandingkan periode survei triwulan I-2014 dengan SBT sebesar -1,34 persen,” kata Arief, pekan lalu.

Angka SBT ini, lanjutnya, merupakan yang tertinggi dalam sepuluh tahun terakhir atau sejak pertama kali Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY melakukan Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU). Hasil survei bahkan menunjukkan bahwa ekspansi usaha yang membaik dialami oleh hampir semua sektor utama, dengan ekspansi terbesar dialami oleh sektor Keuangan, Persewaan dan Jasa Perusahaan, disusul sektor Pengangkutan dan Komunikasi, serta sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran.

“Faktor yang melatarbelakangi pergeseran tersebut adalah bergeser majunya bulan puasa yang berdampak semakin sempitnya musim liburan sekolah sehingga mempengaruhi pola kunjungan wisatawan domestik yang puncaknya terjadi pada bulan Mei dan Juni 2014,” jelas Arief.

Untuk kedepannya, pelaku usaha di Yogyakarta juga optimis bahwa kegiatan dunia usaha di triwulan III-2014 juga masih ekspansif. Hal ini tercermin dari nilai SBT yang masih terus menguat yaitu sebesar 25,93 persen.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *