Kategori Info SNI CHSE 9042:2021

Sertifikasi SNI CHSE Bagi Pelaku Pariwisata Likupang

sni-chse-likupang

ls bmwi, Sertifikasi SNI CHSE Bagi Pelaku Pariwisata Likupang - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata  dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Uno menekankan pentingnya sertifikasi SNI 9042:2021 tentang kebersihan, kesehatan, dan keselamatan bagi pelaku usaha wisata di sekitar kawasan destinasi super prioritas Likupang, Sulawesi Utara.

Sosialisasi ini dilaksanakan di Desa Marinsow, Sulawesi Utara, Menparekraf Sandiaga mengatakan sertifikasi ini sangat penting dalam upaya pengembangan destinasi wisata di Likupang. Terutama dalam hal membangun kepercayaan dan keamanan wisatawan untuk datang ke Likupang.

Sertifikasi Standar Usaha Hotel

sertifikasi-hotel
ls bmwi - Dalam bidang pariwisata, sertifikasi standar usaha hotel yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) sangat penting karena berkaitan dengan pemenuhan standar usaha hotel. Dengan sertifikasi standar usaha hotel ini otomatis akan menjaga dan meningkatkan kualitas pelayananya sehingga memiliki daya saing. Sertifikasi standar usaha hotel telah di atur dalam Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2021 (Permenparekraf No.4 Tahun 2021) tentang Standar Usaha Berbasis Risiko Sektor Pariwisata.

453 Industri Pariwisata di NTB Kantongi Sertifikat CHSE

ntb-sertifikasi-chse
ls bmwi - 453 industri pariwisata di NTB kantongi sertifikat CHSE kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan atau cleanliness, healthy, safety and environment sustainability. Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, mengatakan 453 industri pariwisata di NTB kantongi sertifikat CHSE tersebut terdiri dari hotel, restoran, rumah makan, homestay, dan villa yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di wilayah itu. "Jumlahnya ada 453 yang sudah disertifikasi CHSE. Ada yang diurus melalui Kementerian Pariwisata sebanyak 113 dan diurus daerah ada 340," ujar Yusron pada kegiatan Pelatihan CHSE bagi ASN di NTB bertempat di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Senin (11/7/2022).

Sertifikasi SPA Bersertifikat SNI CHSE

sertifikasi-spa
ls bmwi - Sertifikasi usaha pariwisata saat ini sangat penting bagi perusahaan dibidang pariwisata khususnya di bidang usaha SPA. Dalam mendukung program pemulihan pariwisata Indonesia yang dikoordinasikan oleh Kemenparekraf/Baparekraf RI tersebut, Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 9042:2021 Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan Tempat Penyelenggaraan dan Pendukung Kegiatan Pariwisata (CHSE) pada November 2021.

Perpanjang Sertifikat CHSE

perpanjang-sertifikat-chse
ls bmwi – Dalam rangka mengembalikan kepercayaan masyarakat internasional maupun domestik untuk berwisata dengan rasa aman, nyaman dan sehat sebagai dampak dari pandemic Covid – 2019, makan diperlukan jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi dimensi kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan.

PANDUAN CHSE HOTEL

Panduan Pelaksanaan CHSE Hotel
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) merilis “Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Hotel” pada Juli 2020. Keempat prinsip tersebut menjadi kriteria yang harus dipenuhi penginapan.

AUDIT SNI CHSE PANTAI SURUMANIS

sertifikasi sni chse pantai surumanis
lsbmwi - Pantai Surumanis Kebumen adalah pantai dengan pasir pantai berwarna hitam kecoklatan dengan batu karang besar disekelilingnya. Pantai ini berada pada daerah tersembunyi dan harus melewati Pantai Pecaron terlebih dahulu untuk menjangkaunya. Lokasi wisata berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi wisata tepat bersebelahan di timur pantai Pacaron. Agar mencapai lokasi wisata, sobat bakal melewati jalur-jalur bukit cukup terjal.