PHRI DIY Desak Kepala Daerah Moratorium Pendirian Hotel

LSU Pariwisata | Sertifikasi Usaha Pariwisata

IstijabKetua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Istidjab Danunagoro mendesak kepala daerah mengeluarkan kebijakan penghentian pembangunan hotel untuk sementara waktu. Sebab, pertumbuhan wisatawan di DIY dari tahun ke tahun peningkatannya tidak terlalu besar.“Saya berharap kepala daerah terutama Bupati Sleman untuk mengeluarkan moratorium pembangunan hotel,” kata Istidjab, Selasa (21/1/2015). Dari 68 hotel berbintang, katanya, lebih dari 50% berada di Sleman. Sedangkan ribuan hotel non bintang juga banyak berdiri di Sleman. Istidjab menjelaskan, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Bupati Sleman, Sri Purnomo. Sayangnya, jelas Istidjab, Sleman masih memerlukan investasi untuk pegembangan ekonomi di Sleman.
”Bupati belum mau mengeluarkan kebijakan, sebab investor perhotelan masih diperlukan,” jelasnya. Selain itu standar hotel terus ditingkatkan. Dari sekian langkah, cara yang dilakukan dengan mendapatkan sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) Pariwisata Bhakti Mandiri Wisata Indonesia, Rabu (21/1/2015). Kali ini, ada lima hotel yang menerima sertifikasi tersebut, yakni Santika Premiere dan Grand Quality untuk kategori bintang empat, Dafam Hotel dan Fortuna untuk kategori bintang tiga, serta Midtown Express dengan bintang dua. Pemberian sertifikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik kepada konsumen.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta mengatakan sertifikasi hotel tersebut akan menambah keyakinan bagi para tamu terkait pelayanan hotel. Sebab, penerima sertifikasi menunjukkan kualitas pelayanannya sudah terstandarisasi. Pihaknya berharap pengelola hotel bisa konsisten menjaga kualitas layanannya.

“Jangan karena menerima sertifikasi kemudian kualitas layanan turun. Harus ada monitoring setelah sertifikasi diberikan,” kata Aris saat penyerahan sertifikat di Midtown Express, Rabu (21/1).

Menurut Aris, secara bertahap hotel-hotel di wilayah DIY akan disertifikasi. Tujuannya, selain untuk peningkatan kualitas layanan sertifikasi juga membawa manfaat lebih luas untuk meningkatkan destinasi wisata di seluruh DIY. Sertifikasi tersebut diperlukan karena karakter perekonomian DIY yang bergantung dari sektor pariwisata.

Leave a Reply