lsupariwisata.com
Mengoptimalkan Keuangan Pariwisata Melalui Audit Internal

Apa Itu Auditor Sertifikasi? Apa Peran dan Tugasnya?

LS BMWI - Apa itu auditor sertifikasi? Apa peran dan tugasnya? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.
Apa Itu Auditor Sertifikasi? Apa Peran dan Tugasnya?

LS BMWI – Apa itu auditor sertifikasi? Apa peran dan tugasnya? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Apa itu auditor sertifikasi? Auditor sertifikasi adalah seorang profesional dari lembaga sertifikasi yang bertanggung jawab dan bertugas untuk mengaudit suatu usaha untuk menentukan apakah sistem manajemen yang diterapkan memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh lembaga sertifikasi yang sudah resmi.

Peran dan Tugas Utama Auditor Sertifikasi
Melakukan Audit Sertifikasi

Tugas utama auditor sertifikasi yaitu melakukan audit terhadap suatu usaha untuk menentukan apakah sistem manajemen yang diterapkan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi. auditor sertifikasi harus memastikan bahwa suatu usaha telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikat.

Meninjau dan Menganalisis Dokumen

Auditor pada sertifikasi juga harus meninjau dan menganalisis dokumen yang terkait dengan sistem manajemen yang diterapkan oleh usaha itu sendiri. Dokumen-dokumen tersebut bisa berupa kebijakan manajemen, prosedur dan catatan.

Melakukan Pengumpulan Data

Auditor sertifikasi harus mengumpulkan data untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk menilai apakah sistem manajemen yang diterapkan oleh suatu usaha telah memenuhi standar yang ditetapkan atau tidak. Pengumpulan data bisa dilakukan dengan wawancara karyawan pada usaha tersebut, observasi langsung dan analisis dokumen.

Menyusun Laporan Audit

Setelah menyelesaikan audit, auditor harus menyiapkan laporan audit yang berisi temuan dan rekomendasi terkait dengan sistem manajemen yang diterapkan oleh usaha setelah dilakukan pemeriksaan. Laporan ini menjadi dasar bagi lembaga sertifikasi untuk menentukan apakah suatu usaha memenuhi standar yang ditetapkan dan memenuhi syarat untuk memperoleh hasil sertifikasi.

Memberikan Rekomendasi

Auditor juga harus membuat rekomendasi untuk memperbaiki atau meningkatkan sistem manajemen yang diterapkan oleh suatu usaha. Rekomendasi ini membantu perusahaan untuk memperbaiki sistem manajemen yang akan diterapkan dan meningkatkan kinerjanya.

Dalam menjalankan tugasnya, auditor harus mengikuti aturan dan kode etik yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi. Auditor sertifikasi juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai mengenai standar dan persyaratan sertifikasi yang berlaku. 

More information :

  1. (admin 1) 0821 3700 0107
  2. (admin 2) 0815 7552 0823
  3. (admin 3) 0812 1501 7908

Baca juga : Sertifikasi HotelSertifikasi CHSESertifikasi Usaha Pariwisata

Tag :ls bmwilsppiujttcjana dharma indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *