lsupariwisata.com
7 Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga

Trend Pariwisata Kota Yogyakarta Menyambut Periode Libur Sekolah Pertengahan Tahun

Pariwisata Kota Yogyakarta Menyambut Periode Libur Sekolah – Liburan sekolah menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata bersama keluarga. Untuk destinasi wisata keluarga dan edukasi, di Jogja tidak kurang-kurang alternatifnya. Begitu juga di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan lain-lain yang memiliki destinasi andalan di wilayah lokal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan selain destinasi wisata di Puncak, Jawa Barat, yang selalu menjadi favorit masyarakat, masyarakat juga dapat menjajal destinasi unggulan lainnya seperti di Jawa Tengah hingga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut Sandiaga Uno, destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah destinasi wisata yang konsepnya personalize, customize, localize, smaller in size. Karena populasi Indonesia banyak di Pulau Jawa, maka yang di Jawa akan berlibur sekolah di dekat lokasi mereka tinggal, sekitar 200 sampai 250 kilometer dengan berkendaraan darat.

baca juga : https://lsupariwisata.com/2023/02/01/ls-bmwi-melaksanakan-penyerahan-sertifikat-auditor-usaha-pariwisata-di-yogyakarta/

Menyambut periode libur tengah tahun yang bertepatan dengan libur sekolah, Traveloka meluncurkan kampanye bertajuk Now, Not Never, yang menawarkan promo diskon hingga 70 persen untuk pemesanan tiket pesawat, akomodasi, dan Xperience mulai 12 Juni hingga 9 Juli 2023. Selain itu, Selama masa liburan sekolah, KAI Commuter bakal  mengoperasikan pelayanan perjalanan Commuter Line (KRLJogja Solo sebanyak 24 perjalanan tiap harinya. VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menjelaskan, mulai 19 Juni – 14 Juli 2023 nanti pelayanan operasional perjalanan Commuter Line bisa dimanfaatkan warga masyarakat atau yang sedang berlibur di wilayah Kota Jogja, Klaten dan Solo dan sekitarnya.

“Mulai Senin, 19 Juni sampai 14 Juli nanti KAI Commuter akan mengoperasikan setiap harinya sebanyak 12 Jadwal perjalanan Commuter Line dari Palur Solo ke Jogja mulai pukul 04.55 hingga 20.53 WIB”.

“Selain itu, ada juga 12 perjalanan Commuter Line dari Jogja – Palur mulai pukul 05.30 – 22.35 WIB,” ujar Anne Purba dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 17 Juni 2023.

Ia menyebutkan, sesuai data yang tercatat pada masa libur sekolah tahun 2022 lalu, terdapat kenaikan rata-rata volume pengguna jika dibanding dengan sebelum masa libur sekolah.

Dari data itu terdapat kenaikan volume pengguna sebesar 52 perseb pada hari kerja dan kenaikan 15 persen pada akhir pekan. Sementara itu, saat ini tercatat rata-rata jumlah pengguna di hari libur akhir pekan sepanjang bulan Juni ini sebanyak 22.735 orang per hari dan sebanyak 14.282 orang pada hari kerja.

Anne Purba memprediksi bakal terjadi kenaikan serupa pada rata-rata volume harian pengguna pada masa libur sekolah tahun ini.

“Dipredikasi sebanyak 21 ribu lebih orang pada hari kerja, dan sebanyak 26 ribu lebih orang pengguna pada akhir minggu,” katanya.

Untuk itu KAI Commuter mengimbau para calon penumpan selama musim liburan sekolah ini agar tetap ikuti arahan dari petugas.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY pun menargetkan okupansi atau tingkat hunian hotel di lima kabupaten/kota mencapai 100% selama libur sekolah.

“Kami targetkan bisa mencapai 100 persen insya Allah karena sampai sekarang reservasi [pemesanan kamar hotel] terus ada,” kata Ketua DPD PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono di Jogja, Rabu, (31/5/2023).

Deddy menyebutkan berdasarkan laporan sementara anggota PHRI DIY, reservasi hotel untuk tanggal 1 sampai 4 Juni 2023 telah mencapai 85%. Pemesanan kamar tersebut masih didominasi wisatawan Nusantara yang berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur dengan kategori pelajar hingga keluarga. Tingginya tingkat pemesanan kamar hotel tersebut, menurut dia, bukan hanya di kawasan pusat Kota Jogja, namun merata di lima kabupaten/kota.

Selain dipicu momentum libur panjang, Deddy menilai peningkatan reservasi serta okupansi itu menunjukkan bahwa daya tarik Jogja sebagai kota wisata semakin menguat. Kegiatan pertemuan, insentif, konferensi, dan pameran atau MICE yang mulai banyak digelar sejumlah instansi, menurut dia, turut mendongkrak okupansi hotel di provinsi ini.

“MICE yang dulu hanya di Kota Jogja dan Kabupaten Sleman, sekarang diselenggarakan di Gunungkidul, Kulon Progo karena di sana sudah ada hotel dan didukung destinasi wisata di sekitarnya,” kata dia.

Untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan atau length of stay, pelaku usaha perhotelan telah bekerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) DIY untuk menyiapkan paket wisata.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, setelah momen libur Idul Fitri pada April 2023, terjadi deflasi komoditas harga tiket pesawat.

“Tekanan inflasi tarif angkutan udara secara year-on-year tampak terus menurun dalam beberapa bulan terakhir,” papar Sandiaga Uno dalam keterangannya, Rabu, 14 Juni 2023.

Dari data tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa hal ini bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja di sektor parekraf. Terlebih, penurunan harga tiket pesawat ini bertepatan dengan momen liburan sekolah. Menurutnya penurunan harga tiket pesawat ini patut dimanfaatkan oleh para pelaku parekraf di Indonesia. Misalnya dengan menawarkan paket perjalanan yang unik dan menarik, serta dengan harga yang terjangkau.

Sandiaga Uno mendorong agar wisatawan dapat memanfaatkan momen libur sekolah untuk berwisata di destinasi-destinasi wisata di Indonesia. Dengan harapan target pergerakan wisatawan nusantara sebesar 1,2 miliar – 1,4 miliar di tahun 2023 bisa dicapai.

Pariwisata Kota Yogyakarta Menyambut Periode Libur Sekolah – Sementara itu, menyambut momen libur sekolah, platform hospitality berbasis daring, OYO, menawarkan diskon menginap hingga 70% mulai 16 Juni hingga 15 Juli 2023. Diskon ini dapat dinikmati di seluruh segmen properti OYO seperti Townhouse, Townhouse OAK, Collection O, Capital O, OYO Rooms, dan Syariah yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Melalui skema diskon ini, OYO ingin ikut memeriahkan momentum libur sekolah ini dengan memberikan pengalaman terbaik dengan menyediakan properti yang mudah diakses dan dengan harga yang terjangkau,” ujar Country Head Stock and Flow, Hendro Tan dikutip dari Antara, Kamis (15/6).

Ia menjelaskan, untuk menikmati diskon ini, tamu dapat dengan mudah mengetuk banner promo kategori libur sekolah untuk menemukan properti dengan diskon khusus hingga 70%.

Tamu dapat melakukan pencarian properti dengan memilih kota dan properti yang diinginkan. Kemudian menyelesaikan pemesanan setelah memasukkan kode kupon “IDGTS3” untuk menikmati diskon kamar tersebut.

Tak hanya melalui aplikasi OYO, para tamu juga dapat dengan mudah melakukan pemesanan di beberapa aplikasi lainnya seperti Traveloka, Agoda, Booking.com, Pegi-pegi.com dan Ticket.com.

“Musim libur sekolah menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh keluarga di Indonesia. Kesempatan ini digunakan untuk menikmati atraksi wisata, menjelajahi warisan budaya, serta menikmati pemandangan alam Indonesia yang indah,” ujar Tan.

Saat ini, beberapa destinasi terpopuler untuk liburan sekolah seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara, Solo, Semarang, Surabaya, Malang dan Medan telah dilengkapi dengan berbagai properti yang memenuhi standar kualitas dan keamanan yang tinggi. Terlebih, upaya ini dilakukan untuk mendorong inisiatif pemerintah dalam mempromosikan pariwisata domestik yang menargetkan 1,4 miliar pergerakan perjalanan wisatawan domestik pada 2023.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan kami, anda dapat menghubungi admin (0812-3299-9470).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *