lsupariwisata.com
Ternyata Ini 5 Jenis Apar yang Banyak Dicari Saat Musim Hujan

Ketahui 8 Jenis Apar yang Penting untuk Situasi Darurat!

Ketahui 8 Jenis Apar yang Penting untuk Situasi Darurat!
Ketahui 8 Jenis Apar yang Penting untuk Situasi Darurat!

LS BMWI – Ketahui 8 jenis apar yang penting untuk situasi darurat. Yuk simak penjelasan artikel dibawah ini.

Ketika menghadapi situasi darurat keberadaan alat pemadam api ringan (APAR) sangat penting untuk menjaga keamanan. Dalam artikel ini kita akan membahas 8 jenis APAR yang esensial untuk berbagai situasi darurat. Mulai dari jenis APAR berdasarkan kelas kebakaran hingga tekanan, berat dan ukuran ketahui peran masing-masing APAR dalam menjaga keselamatan di lingkungan sekitar Anda.

1. APAR Serbuk Kimia Kering (ABC)

APAR ABC adalah yang paling umum dan serbaguna. Dapat digunakan untuk mengatasi berbagai jenis kebakaran termasuk kebakaran kelas A (bahan padat), kelas B (cairan) dan kelas C (gas). APAR ini menggunakan serbuk kimia kering untuk meredam api.

2. APAR Karbon Dioksida (CO2)

APAR CO2 efektif untuk kebakaran kelas B dan C yaitu kebakaran dari cairan dan gas. CO2 bekerja dengan menghilangkan oksigen dari api. Penting untuk digunakan di area di mana penggunaan serbuk kimia kering mungkin merusak barang atau peralatan.

3. APAR Busa (AFFF)

APAR busa atau Aqueous Film-Forming Foam efektif untuk mengatasi kebakaran kelas A dan B. Busa membentuk lapisan yang melapisi bahan bakar, menghentikan reaksi kimia yang memicu kebakaran. Cocok untuk menghadapi kebakaran bahan cair seperti bensin atau minyak.

4. APAR Air (Water)

APAR air efektif untuk kebakaran kelas A yang melibatkan bahan padat seperti kayu atau kertas. Penting untuk diperhatikan bahwa APAR air tidak boleh digunakan pada kebakaran kelas B atau C karena dapat menyebabkan bahaya tambahan.

5. APAR Kering

APAR kering dirancang khusus untuk kebakaran kelas K yang melibatkan bahan bakar minyak dan lemak di dapur komersial. Serbuk kering yang digunakan pada APAR ini menghentikan reaksi kimia yang terjadi saat terjadi kebakaran minyak atau lemak.

6. APAR Karbon Dioksida dengan Roda

APAR CO2 dengan roda atau Wheeled CO2 Fire Extinguisher dirancang untuk menangani kebakaran kelas B dan C di area yang lebih luas. Roda memudahkan mobilitas dan memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mendekati titik kebakaran.

7. APAR Wet Chemical (Kelas K)

APAR wet chemical adalah APAR yang dirancang khusus untuk mengatasi kebakaran kelas K yang terjadi di dapur komersial yang menggunakan minyak atau lemak panas. Wet chemical bekerja dengan mendinginkan minyak atau lemak dan mencegah kebakaran kembali.

8. APAR Karbon Dioksida Kecil (CO2)

APAR CO2 kecil sangat cocok untuk ruangan yang memerlukan perlindungan terhadap kebakaran kelas B dan C. Meskipun ukurannya kecil CO2 tetap efektif dalam mengatasi kebakaran gas dan cairan.

Jenis APAR Berdasarkan Kelas Kebakaran

Kelas kebakaran merujuk pada jenis bahan bakar yang terlibat dalam kebakaran. APAR diklasifikasikan berdasarkan kemampuannya untuk mengatasi kebakaran di kelas tertentu. Mengetahui jenis APAR berdasarkan kelas kebakaran memungkinkan pemilihan alat yang tepat untuk situasi darurat.

Jenis APAR Berdasarkan Tekanan

APAR juga diklasifikasikan berdasarkan tekanan kerja yang digunakan untuk menyemprotkan media pemadam. Jenis tekanan ini memengaruhi daya dorong dan jarak semprot APAR. Pemilihan APAR dengan tekanan yang tepat dapat meningkatkan efektivitas pemadaman.

Jenis APAR Berdasarkan Berat

Berat APAR menjadi faktor penting terutama jika digunakan oleh petugas pemadam kebakaran atau personel yang membutuhkan mobilitas. APAR yang ringan dan mudah diangkut memungkinkan respons cepat dan efisien terhadap situasi darurat.

Jenis APAR Berdasarkan Ukuran

Ukuran APAR juga penting untuk dipertimbangkan. APAR dengan ukuran yang sesuai dapat memberikan kecepatan dan ketepatan dalam menanggapi kebakaran. Pilih APAR yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas tempat di mana APAR tersebut akan ditempatkan.

Fakta Tentang APAR
  • APAR dapat digunakan untuk memberantas api pada tahap awal sebelum membesar.
  • Setiap jenis APAR memiliki manfaat dan kegunaan khusus sesuai dengan kelas kebakaran yang dihadapi.
  • APAR perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan ketersediaan dan kesiapan dalam situasi darurat.
  • Pelatihan reguler diperlukan untuk memastikan personel tahu cara menggunakan APAR dengan benar.
  • Pemilihan jenis APAR yang tepat harus disesuaikan dengan risiko kebakaran yang mungkin dihadapi di tempat tertentu.

Mengenali dan memahami jenis APAR yang sesuai untuk situasi darurat sangat penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan. Dengan memilih APAR yang tepat berdasarkan kelas kebakaran, tekanan, berat dan ukuran Anda dapat meningkatkan efektivitas pemadaman dan meminimalkan risiko.

Mengetahui fakta-fakta tentang APAR membantu dalam perawatan dan penggunaan yang benar menjadikannya alat yang efektif untuk menjaga keselamatan di berbagai lingkungan.

More information :

Info Sertifikasi Usaha

(admin 1) 0821 3700 0107

Baca juga :  Ketahui 8 Jenis Apar yang Penting untuk Situasi Darurat!, Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi APAR Hotel yang Rusak, 7 Keuntungan Tak Terduga Menggunakan Buggy Car di Hotel

Tag : ls bmwilsppiujttcjana dharma indonesiasertifikasi halal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *