lsupariwisata.com
Kesehatan Wellness dalam Perawatan SPA

Sertifikasi SPA (Sante Par Aqua)

ls bmwi – Apa itu Usaha SPA?

Usaha Spa adalah usaha perawatan yang memberikan layanan dengan metode kombinasi terapi air, terapi aroma, pijat, rempah-rempah, layanan makanan/minuman sehat, dan olah aktivitas fisik dengan tujuan menyeimbangkan jiwa dan raga dengan tetap memperhatikan tradisi dan budaya bangsa Indonesia

Tahap-tahap Sertifikasi SPA (Sante Par Aqua)

ls bmwi – Apa itu Usaha SPA?

Usaha Spa adalah usaha perawatan yang memberikan layanan dengan metode kombinasi terapi air, terapi aroma, pijat, rempah-rempah, layanan makanan/minuman sehat, dan olah aktivitas fisik dengan tujuan menyeimbangkan jiwa dan raga dengan tetap memperhatikan tradisi dan budaya bangsa Indonesia

Ruang Lingkup

Standar ini memuat pengaturan yang terkait dengan SPA usaha wisata berupa pelayanan jasa kesehatan dan perawatan dengan memadukan metode tradisional dan modern secara holistik. Aktivitas ini menggunakan air dan pendukung perawatan lainnya berupa pijat menggunakan ramuan, terapi aroma, latihan fisik, terapi warna, terapi musik, makanan dan minuman. Tujuan aktivitas ini menyeimbangkan antara tubuh (body), pikiran (mind), dan jiwa (soul), sehingga terwujud kondisi relaks dan bugar untuk kesehatan yang optimal. Aktivitas ini juga merupakan upaya mempertahankan tradisi dan budaya bangsa.

Persyaratan Dasar

1.   Sertifikat standar usaha yang diterbitkan oleh LSU Bidang Pariwisata paling lambat 1 (satu) tahun setelah beroperasi, diunggah melalui Sistem OSS

2.   Sertifikat laik sehat tempat rekreasi dengan jangka waktu pemehunan selama 1 (satu) tahun

3.   Sarana, struktur organisasi SDM dan SDM, pelayanan, persyaratan produk usaha, sistem manajemen usaha

Keuntungan Sertifikasi

  1. Memenuhi Peraturan Perundangan – undangan
    Sesuai Peraturan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Pariwisata.
  2. Menjamin Kualitas
    Dengan melakukan sertifikasi, usaha karaoke yang tersertifikasi telah sesuai dengan peraturan perundangan dan persyaratan Standar Usaha SPA yang ditetapkan oleh pemerintah.
  3. Mendapat Pengakuan
    Usaha karaoke yang tersertifikasi maka akan mendapatkan sertifikat pengkuan yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata yang ditunjuk oleh Pemerintah dan telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).
  4. Klasifikasi Usaha
    Klasifikasi usaha karaoke sesuai dengan Permenparekraf Nomor 4 Tahun 2021 termasuk usaha berisiko menengah tinggi
  5. Kepuasan Pelanggan
    Usaha SPA yang telah tersertifikasi akan mendapatkan mutu produk, pelayanan dan pengelolaan usaha karaoke yang dijalankan telah memenuhi peraturan dan standar usaha karaoke yang ditetapkan sehingga pemenuhan kepuasan pelanggan terjamin.

Sertifikasi Usaha dan Masa Berlaku


Pengawasan usaha SPA (sante par aqua) juga dilaksanakan melalui sertifikasi standar usaha oleh LSU Bidang Pariwisata yang meliputi sertifikasi awal dan survailan yang dilaksanakan sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun sekali. Sertifikat standar usaha SPA (sante par aqua) berlaku selama menjalankan kegiatan usaha.

Alur Proses Sertifikasi Karaoke

1. Pengajuan permohonan sertifikasi;
2. Kajian Permohonan sertifikasi;
3. Penandatanganan perjanjian sertifikasi;
4. Pelaksanaan evaluasi sertifikasi awal;
5. Kajian terhadap hasil audit sertifikasi awal dan penetapan keputusan sertifikasi;
6. Penerbitan sertifikat kesesuaian;
7. Survailen;
8. Re-sertifikasi.

Aspek Penilaian Usaha Karaoke

  1. Sarana Usaha
  2. Struktur Organisasi dan SDM
  3. Persyaratan Pelayanan
  4. Persyaratan Produk Usaha
  5. Sistem Manajemen Usaha

More information :

  1. (admin 1) 0815 7552 0823
  2. (admin 2) 0812 1501 7908

Baca juga : Sertifikasi SPAPelatihan SPA Jogja

Tag : ls bmwilsppiujttcjana dharma indonesia,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *