lsupariwisata.com
sertifikasi-hotel

Sertifikasi Standar Usaha Hotel

ls bmwi - Dalam bidang pariwisata, sertifikasi standar usaha hotel yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) sangat penting karena berkaitan dengan pemenuhan standar usaha hotel. Dengan sertifikasi standar usaha hotel ini otomatis akan menjaga dan meningkatkan kualitas pelayananya sehingga memiliki daya saing. Sertifikasi standar usaha hotel telah di atur dalam Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2021 (Permenparekraf No.4 Tahun 2021) tentang Standar Usaha Berbasis Risiko Sektor Pariwisata.

Apa Itu Sertifikasi Hotel?

ls bmwi – Dalam bidang pariwisata, sertifikasi standar usaha hotel yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) sangat penting karena berkaitan dengan pemenuhan standar usaha hotel. Dengan sertifikasi standar usaha hotel ini otomatis akan menjaga dan meningkatkan kualitas pelayananya sehingga memiliki daya saing.

Sertifikasi standar usaha hotel telah di atur dalam Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2021 (Permenparekraf No.4 Tahun 2021) tentang Standar Usaha Berbasis Risiko Sektor Pariwisata.

Apa itu usaha hotel berbasis risiko?

Menurut Permenparekraf Nomor 4 Tahun 2021 Usaha Hotel Berbasis Risiko adalah usaha Hotel yang meliputi usaha berbasis risiko rendah, menengah rendah, menengah tinggi dan tinggi yang dikelompokkan berdasarkan kriteria risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kesehatan Masyarakat, termasuk wisatawan dan lingkungan (K3L), dan probabilitas terjadinya potensi bahaya K3L.

Apa saja persyaratanya?

Persyaratanya dibagi menjadi 2 sesuai risiko, risiko menengah rendah, menengah tinggi dan tinggi.

Standar usaha hotel mengacu pada Permenparekraf No.4 Tahun 2021 terbagi menjadi 3, diantaranya : Standar Usaha Hotel Berisiko Menengah Rendah, Menengah Tinggi dan Tinggi.

Standar usaha hotel berisiko menengah rendah

a. Sertifikat laik sehat akomodasi paling lambat 1 (satu) tahun setelah beroperasi, diunggah melalui Sistem OSS

b. Persetujuan pemanfaatan ruang laut untuk usaha hotel yang dibangun dengan memanfaatkan ruang laut

c. Memenuhi kriteria sarana, struktur organisasi dan SDM, pelayanan, persyaratan produk usaha, dan pengelolaan usaha

  • Standar usaha hotel berisiko menengah tinggi

a. Sertifikat standar usaha yang diterbitkan oleh LSU bidang Pariwisata paling lambat setelah 2 (dua) tahun setelah beroperasi, diunggah melalui Sistem OSS

b. sertifikat laik sehat akomodasi paling lambat 1 (satu) tahun setelah beroperasi, diunggah melalui Sistem OSS

c. Persetujuan pemanfaatan ruang laut untuk usaha hotel yang dibangun dengan memanfaatkan ruang laut

d. Memenuhi kriteria sarana, struktur organisasi dan SDM, pelayanan, persyaratan produk usaha, dan pengelolaan usaha

  • Standar usaha hotel berisiko tinggi

a. Sertifikat standar usaha yang diterbitkan oleh LSU bidang Pariwisata paling lambat paling lambat 1 (satu) tahun beroperasi, diunggah melalui Sistem OSS

b. Sertifikat laik sehat akomodasi paling lambat 1 (satu) tahun setelah beroperasi, diunggah melalui Sistem OSS

c. Persetujuan pemanfaatan ruang laut untuk usaha hotel yang dibangun dengan memanfaatkan ruang laut

d. Memenuhi kriteria sarana, struktur organisasi dan SDM, pelayanan, persyaratan produk usaha, dan pengelolaan usaha

Pengawasan usaha hotel dilaksanakan melalui sertifikasi standar usaha oleh LSU bidang Pariwisata yang meliputi sertifikasi awal dan survailan yang dilaksanakan sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun sekali untuk usaha hotel berisiko tinggi dan sekurang-kurangnya setiap 10 (sepuluh) tahun sekali untuk usaha hotel berisiko menengah tinggi. Usaha hotel berisiko menengah tinggi pada tahun ke 4 dan ke 7 survailan dilaksanakan secara virtual (remote audit), sedangkan survailan usaha hotel berisiko tinggi antara tahun ke 1 dan tahun ke 5 dilaksannakan 1 (satu) kali.

More information :

  1. (admin 1) 0815 7552 0823
  2. (admin 2) 0812 1501 7908

Baca juga : Pelayanan Prima Bagi Customer Service HotelPelatihan Barista Kopi

Tag : ls bmwilsppiujttcjana dharma indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *