lsupariwisata.com
Apa pentingnya Sertifikasi Hotel dari LSU?

Apa pentingnya Sertifikasi Hotel dari LSU?

LS BMWI - Pentingnya Sertifikasi Hotel dari LSU (Lembaga Sertifikasi Usaha) untuk sebuah hotel dijelaskan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu. "Dalam bidang pariwisata, sertifikasi hotel oleh LSU sangatlah penting karena berkaitan dengan pemenuhan standar usaha hotel," ungkap Mari di Tangerang, Rabu (15/10).
ilustrasi hotel

LS BMWI – Pentingnya Sertifikasi Hotel dari LSU (Lembaga Sertifikasi Usaha) untuk sebuah hotel dijelaskan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu.

“Dalam bidang pariwisata, sertifikasi hotel oleh LSU sangatlah penting karena berkaitan dengan pemenuhan standar usaha hotel,” ungkap Mari di Tangerang, Rabu (15/10).

Menurut Mari, standar usaha perhotelan mencakup produk, layanan dan pengelolaan. Sertifikasi yang diperoleh dari LSU tidak hanya tentang memastikan kelayakan hotel, tetapi juga tentang peningkatan kualitas layanan. 

“Hotel yang telah disertifikasi otomatis akan menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga memiliki daya saing,” tuturnya.

Daya saing ini, tambah Mari, menjadi penting untuk menghadapi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir 2015.

Ketika usaha sudah tersertifikasi dalam melakukan bisnis di bidang pariwisata dan perhotelan, maka usaha tersebut sudah diakui oleh pemerintah bahwa sudah illegal dalam menjalankan bisnis.

Namun jika belum tersertifikasi maka akan diberikan peringatan yang pada akhirnya dikenakan sanksi pembekuan usaha yang dilakukan oleh pemerintah. Kalau sudah dibekukan berarti pelaku usaha tidak bisa berbisnis, karena tidak layal melakukan bisnis.

Jika perusahaan bersertifikat untuk melakukan bisnis di industri pariwisata dan restoran, maka usaha tersebut sudah diakui oleh pemerintah bahwa sudah illegal dalam menjalankan bisnis.
Namun, jika tidak bersertifikat, akan diberikan peringatan yang nantinya berujung pada sanksi karena adanya pembekuan usaha oleh pemerintah. Jika dibekukan, berarti pelaku usaha tidak bisa berbisnis karena tidak layak.

Dengan melakukan proses sertifikasi, maka hotel tersebut akan mendapatkan auditor terlatih untuk melihat pelayanan hotel dari berbagai macam aspek, yaitu legal, produk, proses dan manajemen.

Jika semua evaluasi proses sertifikasi sesuai dengan tingkat bintang hotel terpenuhi dan dilaksanakan secara konsisten, hasilnya adalah kepuasan pelanggan, yang secara otomatis berpengaruh ke dalam pencapaian keuntungan operasional hotel. 

Ketika proses manajemen berjalan dengan baik maka akan mempengaruhi kepuasan karyawan untuk bekerja di hotel tersebut, dan juga mempengaruhi kepuasan para tamu karena merasa aman dan nyaman selama berada di hotel, merasa terlindungi dan mendapatkan hak-haknya sesuai dengan yang dijanjikan. untuk peringkat bintang yang dipasang di hotel dan di berbagai brosur pemasaran hotel.  

Selain itu, masyarakat dan lingkungan sekitar juga akan terlindungi karena berbagai aspek legalitas tentang lingkungan audit.

More information :

  1. (admin 1) 0815 7552 0823
  2. (admin 2) 0812 1501 7908

Baca juga : Sertifikasi HotelSertifikasi CHSE, Bisnis Hotel Bakal Ramai Selama Ramadan Dan Lebaran

Tag :ls bmwilsppiujttcjana dharma indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *