lsupariwisata.com
Pariwisata yang Lebih Berkembang Melalui Audit Internal

Hal yang Perlu Diperhatikan Pelaku Usaha Ketika Akan Dilakukan Audit Sertifikasi

LS BMWI - Hal yang perlu diperhatikan pelaku usaha ketika akan dilakukan audit sertifikasi agar audit sertifikasi berjalan dengan lancar dan perusahaan berhasil memenuhi persyaratan standar yang berlaku.

LS BMWI – Hal yang perlu diperhatikan pelaku usaha ketika akan dilakukan audit sertifikasi agar audit sertifikasi berjalan dengan lancar dan perusahaan berhasil memenuhi persyaratan standar yang berlaku.

Audit sertifikasi adalah proses penilaian yang dilakukan oleh auditor dari Lembaga Sertifikasi untuk menentukan apakah sistem manajemen perusahaan telah sesuai dengan standar tertentu. 

Pelaku usaha perlu memperhatikan beberapa hal penting ketika akan melakukan audit sertifikasi, antara lain:

Persiapan Dokumen

Para pelaku usaha harus menyiapkan semua dokumen yang berkaitan dengan sistem manajemen perusahaan, seperti Kebijakan, prosedur, bukti dan dokumen lain yang diperlukan oleh auditor. Pastikan semua dokumentasi sudah lengkap, akurat, dan terkini. 

Mengetahui Standar yang Berlaku

Para pelaku usaha terlebih dahulu harus memahami standar yang diaudit, termasuk persyaratan, dokumen dan kebijakan yang harus dipenuhi. Pastikan bahwa sistem manajemen perusahaan memenuhi semua persyaratan standar. 

Mengetahui Jadwal Audit

Para pelaku usaha harus mengetahui jadwal audit sertifikasi dan mempersiapkan semua hal yang diperlukan untuk audit tersebut. Pastikan setiap orang yang terlibat dalam proses perusahaan hadir selama audit dan siap memberikan informasi yang diperlukan. 

Menghadapi Audit dengan Baik

Saat melakukan audit, pelaku usaha harus bersikap profesional, kooperatif, dan transparan dengan auditor. Jangan menutup-nutupi informasi atau menyembunyikan kelemahan sistem manajemen perusahaan, tetapi jelaskan dengan jelas dan terbuka.

Menerima Hasil Audit

Setelah audit selesai dilakukan, pelaku usaha harus menerima hasil audit, baik itu positif atau negatif. Jika ada kelemahan dalam sistem manajemen perusahaan, maka segera tindak lanjuti dan perbaiki sesuai dengan rekomendasi auditor.

Melakukan Perbaikan

Jika ada temuan atau catatan dari auditor, segera lakukan tindakan perbaikan yang diperlukan. Pastikan bahwa semua masalah telah diatasi dan sistem manajemen perusahaan telah memenuhi semua persyaratan standar.

Dengan memperhatikan hal tersebut, maka para pelaku usaha dapat memastikan bahwa audit sertifikasi berjalan dengan lancar dan perusahaan berhasil memenuhi persyaratan standar yang berlaku.

More information :

  1. (admin 1) 0821 3700 0107
  2. (admin 1) 0815 7552 0823
  3. (admin 2) 0812 1501 7908

Baca juga : Sertifikasi HotelSertifikasi CHSEBisnis Hotel Bakal Ramai Selama Ramadan Dan Lebaran

Tag :ls bmwilsppiujttcjana dharma indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *