lsupariwisata.com
Apa yang Diperiksa Dalam Proses Sertifikasi Hotel?

Apa yang Diperiksa Dalam Proses Sertifikasi Hotel?

LS BMWI - Apa yang diperiksa dalam proses sertifikasi hotel? Hal ini perlu diketahui oleh pihak hotel untuk mempersiapkan sebelum proses sertifikasi.
Apa yang Diperiksa Dalam Proses Sertifikasi Hotel?

LS BMWI – Apa yang diperiksa dalam proses sertifikasi hotel? Hal ini perlu diketahui oleh pihak hotel untuk mempersiapkan sebelum proses sertifikasi.

Dalam Proses sertifikasi hotel ini melibatkan pemeriksaan dari berbagai aspek hotel oleh lembaga sertifikasi yang independen.

Berikut ini beberapa hal yang akan diperiksa dalam proses sertifikasi hotel::

Dokumen Perizinan
  1. Formulir Permohonan dan Surat Permohonan Sertifikasi 
  2. Lembar Self-Assessment
  3. Akta Notaris Beserta Legalitas Perusahaan
  4. NIB atau TDUP
  5. Struktur Organisasi
  6. Denah (Lay out)
  7. Laik Sehat Hotel
  8. Kelaikan Kualitas
  9. Profil Usaha dan SOP (Standar Operasional Prosedur)
Kualitas Pelayanan

Pada tahap pemeriksaan ini mencakup standar pelayanan hotel, seperti kualitas layanan tamu, kebersihan kamar dan fasilitas, ketersediaan dan kualitas makanan dan minuman, dan juga efisiensi pelayanan.

Fasilitas

Fasilitas dan keamanan hotel seperti keamanan gedung, tersedianya fasilitas seperti kolam renang, spa, gym dan fasilitas lainnya.

Keamanan

Keamanan hotel adalah hal yang sangat penting dalam menjamin kenyamanan dan keamanan tamu yang akan menginap di hotel, karena kebersihan dan kenyamanan kamar juga dicek dalam proses sertifikasi hotel

Sistem Manajemen Lingkungan

Hotel yang ramah lingkungan juga akan dinilai dala suatu proses sertifikasi hotel. Hal ini termasuk dalam sistem manajemen lingkungan dan energi yang efisien serta langkah-langkah penghematan air dan energi. 

Kepatuhan Regulasi dan Hukum

Selain itu, hotel juga harus mematuhi peraturan dan hukum setempat terkait dengan perizinan, kesehatan dan keselamatan serta ketentuan-ketentuan lainnya.

Manajemen dan Operasional

Proses sertifikasi hotel juga mengkaji aspek manajemen dan operasional seperti kebijakan dan prosedur manajemen, pelatihan karyawan dan kebijakan keamanan informasi. 

Lembaga sertifikasi akan melakukan evaluasi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan memberikan sertifikasi yang sesuai kepada hotel yang telah memenuhi standar yang ditentukan. Sertifikat ini dapat membantu usaha hotel dalam meningkatkan kualitas layanan mereka dan memperkuat reputasi mereka di industri pariwisata. 

More information :

  1. (admin 1) 0821 3700 0107
  2. (admin 2) 0815 7552 0823
  3. (admin 3) 0812 1501 7908

Baca juga : Sertifikasi HotelSertifikasi CHSEManfaat Sertifikasi Bintang Bagi Sebuah HotelKriteria Kualitas Kamar Hotel Dalam Sertifikasi Hotel Bintang

Tag :ls bmwilsppiujttcjana dharma indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *