lsupariwisata.com
Kriteria Kualitas Kamar Hotel Dalam Sertifikasi Hotel Bintang

Kriteria Kualitas Kamar Hotel Dalam Sertifikasi Hotel Bintang

LS BMWI - Kriteria kualitas kamar hotel dalam sertifikasi hotel bintang perlu diketahui oleh pelaku usaha perhotelan untuk menyiapkan sebelum proses sertifikasi berjalan.
Kriteria Kualitas Kamar Hotel Dalam Sertifikasi Hotel Bintang

LS BMWI – Kriteria kualitas kamar hotel dalam sertifikasi hotel bintang perlu diketahui oleh pelaku usaha perhotelan untuk menyiapkan sebelum proses sertifikasi berjalan.

Sertifikasi hotel bintang adalah sistem penilaian yang digunakan untuk menentukan kelas hotel berdasarkan fasilitas dan layanan yang disediakan.

Berikut adalah kriteria kualitas kamar hotel dalam sertifikasi hotel bintang:

Luas Kamar

Kriteria pertama yang harus dipenuhi adalah luas kamar. Semakin besar luas kamar, maka semakin tinggi kelas bintang yang didapatkan. Luas kamar minimal untuk hotel bintang 1 adalah 9 m2, sementara untuk hotel bintang 5 minimal 42 m2.

Fasilitas Kamar

Fasilitas kamar yang harus tersedia di setiap kamar hotel bintang meliputi:

  1. Tempat tidur yang nyaman dan bersih
  2. Meja dan kursi kerja
  3. Lemari untuk menyimpan barang
  4. AC atau pendingin ruangan
  5. Televisi dan remote
  6. Sarana telekomunikasi (telepon)
  7. Kamar mandi dengan air panas dan dingin, shower, wastafel, dan toilet
  8. Perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, handuk, dan hair dryer
  9. Air mineral
  10. Kebersihan dan Kondisi Kamar

Kondisi dan kebersihan kamar harus selalu terjaga dan terawat dengan baik. Kamar harus dijaga kebersihannya dengan cara rutin membersihkan kamar, mengganti sprei dan handuk secara teratur, serta melakukan perawatan pada peralatan dan fasilitas kamar.

Desain dan Dekorasi Kamar

Hotel bintang yang memiliki desain dan dekorasi kamar yang menarik dan nyaman untuk ditempati, biasanya mendapatkan penilaian lebih tinggi. Kriteria desain dan dekorasi kamar seperti penggunaan warna yang pas, pencahayaan yang cukup dan desain furniture yang ergonomis.

Keamanan Kamar

Fasilitas keamanan kamar adalah faktor yang sangat penting dalam menilai kualitas kamar hotel. Setiap kamar harus dilengkapi dengan kunci pintu yang aman, serta penggunaan teknologi keamanan seperti kamera CCTV dan fire alarm.

Layanan Kamar

Layanan kamar juga harus terjamin dengan baik. Setiap tamu harus diberikan akses internet, akses ke ruang rapat dan ruang pertemuan, layanan antar-jemput dari dan ke bandara, serta layanan laundry dan dry cleaning.

More information :

  1. (admin 1) 0821 3700 0107
  2. (admin 2) 0815 7552 0823
  3. (admin 3) 0812 1501 7908

Baca juga : Sertifikasi HotelSertifikasi CHSEManfaat Sertifikasi Bintang Bagi Sebuah HotelMemperluas Pasar dengan Sertifikasi Usaha Hotel

Tag :ls bmwilsppiujttcjana dharma indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *